Kamis, 19 November 2015

Setting environment



Setting environment adalah bagian pengaturan suasana setelah pemodelan, secara dasar ada trik yang sering dipakai yaitu dengan memilih mode world (memilih ikon bola dunia) di properties kemudian mengaturnya.






a. Setting Environment Basic

1.    Setelah objek selesai dibuat, misalkan pada bentuk Sofa, dapat menambahkan objek lain yaitu objek plan untuk dijadikan lantai. Untuk menambahkan objek plan, aktifkan kembali object mode sebelum menambahkan objek baru. Caranya tekan tombol TAB. Apabila kita tambahkan di mode edit, akan terjadi penggabungan objek. Kemudian ubahlah skala plane dengan menggunakan keyboard S  +  Y    dan S  +  X.

2.    Pilih ikon world pada sisi kanan layar (properties).

3.    Pada world pilih blend sky  beri tanda centang.

4.    Ubah horizon color menjadi warna putih dari yang sebelumnya berwarna hitam.

5.    Pilih environment lighting (tanda centang).

Kemudian render still F12 untuk melihat hasil saat melakukan render still, hasilnya sesuai area yang terbidik oleh kamera.

























b. Setting Environment Lanjut 

1.   Buatlah objek meja seperti berikut ini :













2. Tambahkan objek lain yaitu objek plan untuk dijadikan lantai. Kemudian ubahlah skala plane dengan menggunakan keyboard S  +  Y    dan S  +  X. 

 













3.    Berikan cahaya dengan menekan keyboard Shift  +  A, pilih Lamp -----> Sun













4.    Akan muncul cahaya lampu, kemudian tempatkan cahaya tersebut di atas objek  meja seperti gambar di bawah ini

Kemudian render still F12 untuk melihat hasil saat melakukan render still, hasilnya  
sesuai area yang terbidik oleh kamera.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar