Senin, 25 Januari 2016

Termin, Data Pelanggan dan Data Pemasok pada GnuCash

I. Termin

Untuk memasukkan nilai termin dapat dilakukan dari menu Business, Billing Terms Editor, sehingga akan tampil kotak dialog Terms seperti di bawah ini :


untuk membuat termin baru dapat menggunakan tombol New sehingga tampil kotak dialog :


Keterangan :
Name: digunakan untuk menentukan nama termin
Description: digunakan untuk memberikan keterangan singkat tentang termin tersebut
Due Days: menentukan hari jatuh tempo
Discount Days: menentukan lamanya hari diskon akan diberikan
Discount % : persentase diskon yang diberikan


II. Customer

Untuk memasukkan data pelanggan dapat dilakukan dari menu Business, Customer, New Customer sehingga akan tampil kotak dialog New Customer seperti di bawah ini :

Customer Number: untuk menentukan nomor pelanggan
Company Name: untuk memasukkan nama perusahaan pelanggan
Active untuk menyatakan perusahaan tersebut aktif dalam melakukan pembelian
Name: untuk memasukkan nama yang tertera pada faktur
Addres: untuk memasukkan alamat perusahaan yang tertera pada faktur
Phone: untuk memasukkan nomer telepon yang tertera pada faktur
Fax: untuk memasukkan nomer fax yang tertera pada faktur
Email: untuk memasukkan alamat email perusahaan yang tertera pada faktur
Notes untuk membuat catatan singkat mengenai pelanggan tersebut

 
Currency: untuk menentukan mata uang yang digunakan pada transaksi tersebut
Terms: untuk menentukan jenis termin yang digunakan pada pelanggan tersebut
Discount: untuk menentukan potongan harga yang diberikan di luar termin
Credit limit: untuk memasukkan nilai batas maximal kredit yang dapat diberikan pada pelanggan tersebut
Tax Included: untuk menentukan jenis pajak yang dikenakan pada pelanggan tersebut
Tax Table: untuk menentukan jenis pajak tambahan yang dikenakan pada pelangg tersebut


Name: untuk memasukkan nama yang tertera pada alamat pengiriman
Addres: untuk memasukkan alamat perusahaan tertera pada alamat pengiriman
Phone: untuk memasukkan nomer telepon yang tertera pada alamat pengiriman
Fax: untuk memasukkan nomer fax yang tertera pada alamat pengiriman
Email: untuk memasukkan alamat email perusahaan yang tertera pada alamat pengiriman
Notes untuk membuat catatan singkat mengenai pelanggan tersebut


III. Vendor
Untuk memasukkan data pemasok dapat dilakukan dari menu Business, Vendor, New Vendor sehingga akan tampil kotak dialog New Vendor seperti di bawah ini :





















Vendor Number: untuk menentukan nomor pemasok
Company Name: untuk memasukkan nama perusahaan pemasok
Active untuk menyatakan perusahaan tersebut aktif dalam melakukan pembelian
Name: untuk memasukkan nama yang tertera pada faktur
Addres: untuk memasukkan alamat perusahaan yang tertera pada faktur
Phone: untuk memasukkan nomer telepon yang tertera pada faktur
Fax: untuk memasukkan nomer fax yang tertera pada faktur
Email: untuk memasukkan alamat email perusahaan yang tertera pada faktur

Notes untuk membuat catatan singkat mengenai pemasok tersebut

Currency: untuk menentukan mata uang yang digunakan pada transaksi tersebut
Terms: untuk menentukan jenis termin yang diberikan gunakan pada pemasok tersebut
Discount: untuk menentukan potongan harga yang diberikan di luar termin
Credit limit: untuk memasukkan nilai batas maximal kredit yang dapat diberikan pada pemasok tersebut
Tax Included: untuk menentukan jenis pajak yang dikenakan pada pemasok tersebut
Tax Table: untuk menentukan jenis pajak tambahan yang dikenakan pada pemasok tersebut


IV. Invoice
Untuk memasukkan faktur penjualan dapat melalui menu Business, Customer, New Invoice, sehingga tampil kotak dialog seperti di bawah ini :


Type untuk menentukan jenis faktur
Invoice ID untuk memasukkan nomor faktur
Date Opened untuk memasukkan tanggal transaksi
Customer untuk memasukkan nama pelanggan
Job untuk memasukkan nama pekerjaan yang dijual
Billing ID untuk memasukkan nomer penagihan berkaitan dengan faktur penjualan ini
Terms untuk menentukan jenis termin yang digunakan pada faktur ini
Notes untuk memasukkan catatan singkat berkaitan dengan faktur penjualan ini 


V. Bill
Untuk memasukkan faktur pembelian dapat melalui menu Business, Vendor, New Vendor, sehingga tampil kotak dialog seperti di bawah ini :


Type untuk menentukan jenis faktur
Invoice ID untuk memasukkan nomor faktur
Date Opened untuk memasukkan tanggal transaksi
Vendor untuk memasukkan nama pemasok
Job untuk memasukkan nama pekerjaan yang dibeli
Billing ID untuk memasukkan nomer penagihan berkaitan dengan faktur pembelian ini
Terms untuk menentukan jenis termin yang digunakan pada faktur ini
Notes untuk memasukkan catatan singkat berkaitan dengan faktur pembelian ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar