Selasa, 08 September 2015

Ekstrude, Loop Cut dan Make Face


Dalam membuat objek-objek pada blender dapat menggunakan Tools :

Extrude : fungsinya untuk memberikan ketebalan atau menambah lagi objek pada daerah tertentu, caranya seleksi sebuah face atau edge atau bisa juga 1 vertex, kemudian tekan E dan drag hasil seleksi itu menjauh dari objek. maka yang akan dihasilkan adalah objek tambahan dalam sebuah objek tersebut, seperti contoh berikut :


                      1                                  2                                3

Keterangan :

1. Hasil extrude seleksi  face
2. Hasil extrude seleksi vertex
3. Hasil extrude seleksi edge

cara extrude objek dengan face: 
1. Pastikan tampilannya "edit mode",
2. Kemudian klik tool face yang berada diatas timeline, maka akan muncul titik pusat pada 
    permukaan objek,
3. Klik kanan mouse untuk menyeleksi permukaan objek yang akan di-extrude, lalu klik kiri 3D
   Transform Manipulator untuk memberikan ketebalan pada bagian objek dimaksud.

Contoh penggunaan extrude dengan Mesh Circle (objek meja):




1. Untuk mendapatkan hasil seperti diatas, pastikan Mesh yang berada pada tampilan object mode 
    adalah Circle, jika belum ada pilih[X]
    untuk menghapus objek yang terdapat pada object mode (objek harus terseleksi). Kemudian pilih
    tab Create >> Circle.
2. Ubah tampilan menjadi "edit mode" dan pilih ikon Vertex yang berada diatas Timeline
    sehingga tampilan circle menjadi seperti ini :
    Apabila ingin mengubah ukuran (besar/kecil) circle pilih [S] dan geser mouse untuk mendapatkan 
    ukuran yang sesuai.
3. Pilih [E] + [S] untuk menambahkan objek pada circle menggunakan skala, setelah pilih [E] + [S]
    geser mouse mendekati titik pusat circle dan melewatinya lalu arahkan kembali mouse ke titik  
    awal circle (perhatikan gambar berikut)

                          (a)                                                                                  (b)


  4. Setelah kembali pada titik awal, pilih [E] + [Z] untuk menambahkan objek keatas (tinggi objek
      proporsional).
  5. Lakukan kembali [E] + [S], kemudian berikan sedikit lubang ditengah objek tersebut sehingga
      tampilan menjadi seperti :

 6. Setelah itu pilih kembali [E] + [Z] untuk menambahkan objek keatas seperti gambar berikut :
 7. Kemudian [E] + [S] menambahkan objek dengan melakukan skala ke sisi luar
 8. [E] + [Z] menambahkan objek keatas
 9. [E] + [S] menambahkan objek dengan melakukan skala ke sisi dalam dan menutupnya di titik
     pusat circle.




Loop cut : fungsinya untuk memecah objek menjadi dua bagian (sekat) atau lebih, bisa vertikal atau 
                  horizontal. 
caranya : 
1. Pastikan tampilannya "edit mode", arahkan kursor mouse menyentuh objek yang akan disekat.
2. Tekan Ctrl + R, akan ada garis berwarna pink (seperti gambar dibawah), lalu geser mouse, 
    biasanya akan berubah dari horizontal menjadi vertikal atau sebaliknya. 
3. Kemudian klik kiri sehingga berubah menjadi kuning dan geser ke arah bidang yang akan di sekat 
    lalu klik kiri lagi, setelah itu tekan  A  untuk menghilangkan garis kuning, sehingga garis berubah       menjadi hitam. (perhatikan contoh gambar dibawah)
  

                         

Contoh penggunaan extrude dan loopcut dengan Mesh Cube (objek meja) :

1. Tampilan objek awal blender :





2. Ubahlah objek cube dengan menggunakan shortcut [S] + [Z] untuk mengubah tinggi cube, [S] +[X] dan [S] + [Y] untuk mengubah panjang dan lebar cube.

3. Sehingga hasilnya seperti berikut :

4. Ubah tampilan Object Mode menjadi Edit Mode, lalu pilih face select dan tekan [CTRL] + [R] untuk membagi objek cube secara horisontal dan vertikal.





5. Seleksi 4 sudut bagian bawah objek cube (gb. a), tekan [E] lalu geser mouse kebawah (gb. b)


(a)
(b)

6. Hasil tampilan akhir :



Make Face : fungsinya untuk membuat bidang baru (face) sesuai dengan batas/garis (edge) yang di 
                      pilih (seleksi/blok)

caranya :

1. Perhatikan 2 objek cube pada tampilan edit mode berikut :

2. Gambar diatas berada pada Hapus face bagian dalam objek cube yang saling berhadapan dengan
    membloknya terlebih dahulu (gunakan Shift + Klik Kanan mouse) kemudian pilih [X] +[F] untuk
    menghapus bagian faces objek tersebut sehingga tampilan akan seperti dibawah ini :


3. Pindahkan tampilan face mode ke edge mode sehingga batas/garis (edge) pada objek dapat di
   seleksi/blok. Klik kanan pada bagian belakang edge objek kanan-tekan shift-klik kanan pada
   bagian edge objek kiri, maka hasilnya akan seperti ini :


4. Kemudian pilh [F] untuk membuat bidang (face) baru, maka hasilnya seperti dibawah ini :

5. Ulangi kembali langkah ke-3 dan ke-4 untuk semua bagian edge yang saling berhadapan sehingga
    akan didapatkan hasil seperti ini :























2 komentar: