Senin, 25 Januari 2016

Termin, Data Pelanggan dan Data Pemasok pada GnuCash

I. Termin

Untuk memasukkan nilai termin dapat dilakukan dari menu Business, Billing Terms Editor, sehingga akan tampil kotak dialog Terms seperti di bawah ini :


untuk membuat termin baru dapat menggunakan tombol New sehingga tampil kotak dialog :


Keterangan :
Name: digunakan untuk menentukan nama termin
Description: digunakan untuk memberikan keterangan singkat tentang termin tersebut
Due Days: menentukan hari jatuh tempo
Discount Days: menentukan lamanya hari diskon akan diberikan
Discount % : persentase diskon yang diberikan


II. Customer

Untuk memasukkan data pelanggan dapat dilakukan dari menu Business, Customer, New Customer sehingga akan tampil kotak dialog New Customer seperti di bawah ini :

Customer Number: untuk menentukan nomor pelanggan
Company Name: untuk memasukkan nama perusahaan pelanggan
Active untuk menyatakan perusahaan tersebut aktif dalam melakukan pembelian
Name: untuk memasukkan nama yang tertera pada faktur
Addres: untuk memasukkan alamat perusahaan yang tertera pada faktur
Phone: untuk memasukkan nomer telepon yang tertera pada faktur
Fax: untuk memasukkan nomer fax yang tertera pada faktur
Email: untuk memasukkan alamat email perusahaan yang tertera pada faktur
Notes untuk membuat catatan singkat mengenai pelanggan tersebut

 
Currency: untuk menentukan mata uang yang digunakan pada transaksi tersebut
Terms: untuk menentukan jenis termin yang digunakan pada pelanggan tersebut
Discount: untuk menentukan potongan harga yang diberikan di luar termin
Credit limit: untuk memasukkan nilai batas maximal kredit yang dapat diberikan pada pelanggan tersebut
Tax Included: untuk menentukan jenis pajak yang dikenakan pada pelanggan tersebut
Tax Table: untuk menentukan jenis pajak tambahan yang dikenakan pada pelangg tersebut


Name: untuk memasukkan nama yang tertera pada alamat pengiriman
Addres: untuk memasukkan alamat perusahaan tertera pada alamat pengiriman
Phone: untuk memasukkan nomer telepon yang tertera pada alamat pengiriman
Fax: untuk memasukkan nomer fax yang tertera pada alamat pengiriman
Email: untuk memasukkan alamat email perusahaan yang tertera pada alamat pengiriman
Notes untuk membuat catatan singkat mengenai pelanggan tersebut


III. Vendor
Untuk memasukkan data pemasok dapat dilakukan dari menu Business, Vendor, New Vendor sehingga akan tampil kotak dialog New Vendor seperti di bawah ini :





















Vendor Number: untuk menentukan nomor pemasok
Company Name: untuk memasukkan nama perusahaan pemasok
Active untuk menyatakan perusahaan tersebut aktif dalam melakukan pembelian
Name: untuk memasukkan nama yang tertera pada faktur
Addres: untuk memasukkan alamat perusahaan yang tertera pada faktur
Phone: untuk memasukkan nomer telepon yang tertera pada faktur
Fax: untuk memasukkan nomer fax yang tertera pada faktur
Email: untuk memasukkan alamat email perusahaan yang tertera pada faktur

Notes untuk membuat catatan singkat mengenai pemasok tersebut

Currency: untuk menentukan mata uang yang digunakan pada transaksi tersebut
Terms: untuk menentukan jenis termin yang diberikan gunakan pada pemasok tersebut
Discount: untuk menentukan potongan harga yang diberikan di luar termin
Credit limit: untuk memasukkan nilai batas maximal kredit yang dapat diberikan pada pemasok tersebut
Tax Included: untuk menentukan jenis pajak yang dikenakan pada pemasok tersebut
Tax Table: untuk menentukan jenis pajak tambahan yang dikenakan pada pemasok tersebut


IV. Invoice
Untuk memasukkan faktur penjualan dapat melalui menu Business, Customer, New Invoice, sehingga tampil kotak dialog seperti di bawah ini :


Type untuk menentukan jenis faktur
Invoice ID untuk memasukkan nomor faktur
Date Opened untuk memasukkan tanggal transaksi
Customer untuk memasukkan nama pelanggan
Job untuk memasukkan nama pekerjaan yang dijual
Billing ID untuk memasukkan nomer penagihan berkaitan dengan faktur penjualan ini
Terms untuk menentukan jenis termin yang digunakan pada faktur ini
Notes untuk memasukkan catatan singkat berkaitan dengan faktur penjualan ini 


V. Bill
Untuk memasukkan faktur pembelian dapat melalui menu Business, Vendor, New Vendor, sehingga tampil kotak dialog seperti di bawah ini :


Type untuk menentukan jenis faktur
Invoice ID untuk memasukkan nomor faktur
Date Opened untuk memasukkan tanggal transaksi
Vendor untuk memasukkan nama pemasok
Job untuk memasukkan nama pekerjaan yang dibeli
Billing ID untuk memasukkan nomer penagihan berkaitan dengan faktur pembelian ini
Terms untuk menentukan jenis termin yang digunakan pada faktur ini
Notes untuk memasukkan catatan singkat berkaitan dengan faktur pembelian ini 

TEXTURING


Texturing adalah Proses pembuatan dan pemberian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata. Pemberian material atau texture pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D. 

Memberikan Tekstur pada objek 3D Blender.

Supaya benda atau objek dapat memiliki warna dan tekstur yang minimal mirip dengan aslinya, dapat ditambahkan tekstur sesuai yang diinginkan.

Untuk memberikan tekstur kayu seperti contoh dibawah ini :















terlebih dahulu harus mencari gambar sesuai dengan tekstur,














































































Senin, 18 Januari 2016

Function pada C++

(01)#include
(02)int luas(int s) {
(03)    int ls;
(04)    ls=s*s;
(05)    
(06)    return(ls);
(07)    }
(08)
(09)int main(int argc, const char * argv[]) {
(10)    using namespace std;
(11)
(12)        //program utama
(13)   
(14)        int n;
(15)        cout << "Masukkan Nilai Sisi: " ; cin >> n ;
(16)        cout << "Luasnya adalah : " <<luas(n);
(17)    
(18)    
(19)    return 0;

(20)}

dari penggalan program di atas, terdapat function luas (di baris 2-7),  function luas dipanggil untuk dieksekusi pada baris 16 " luas(n) " di mana nilai variabel n dibawa serta, jalannya program loncat ke baris 2, nilai variabel n masuk ke variabel s. Di dalam function luas dideklarasikan variabel ls, yang digunakan untuk menampung nilai hasil perkalian s dengan s, lalu nilai variabel ls dikembalikan sebagai nilai dari function luas.




(01)#include 
(02)int luas(int s) {
(03)    int ls;
(04)    ls=s*s;
(05)    
(06)    return(ls);
(07)    }
(08)
(09)int keliling(int s) {
(10)   int kel;
(11)    kel=4*s;
(12)    
(13)    return(ls);
(14)    }
(15)int main(int argc, const char * argv[]) {
(16)    using namespace std;
(17)
(18)        //program utama
(19)   
(20)        int n;
(21)        cout << "Masukkan Nilai Sisi: " ; cin >> n ;
(22)        cout << "Luasnya adalah : " <<luas(n);
(23)        cout << "Kelilingnya adalah : " <
(24)    
(25)    return 0;

(26)}

dari penggalan program di atas, ditambahkan function keliling (di baris 9-14), pemanggilan function keliling pada baris 23.








#include
#include
float luasalas (float r) {
    float la;
    la=3.14*pow(r,2);
    
    return (la);
}
float luasselimut (float r, float t) {
    float s, ls;
    s=sqrt(pow(r,2)+pow(t,2));
    ls=2*3.14*r*s;
    
    return (ls);
}


int main(int argc, const char * argv[]) {
    using namespace std;
    
    //program utama
    
    int n, m;
    float luaspermukaan;
    cout << "KERUCUT\n\n";
    cout << "Masukan Nilai Jari-jari    : "; cin >> n;
    cout << "Masukan Nilai Tinggi       : "; cin >> m;
    cout << "Luas Alas Adalah           : " << luasalas (n);
    cout << "\nLuas Selimut Adalah          : " << luasselimut (n, m);
    luaspermukaan= luasalas (n) + luasselimut (n,m);
    cout << "\nLuas Permukaan Adalah        : " << luaspermukaan;

    
    return 0;
}

dari program di atas ada 2 function luasalas dan luasselimut, yang dicari nilainya dan langsung dijumlahkan dengan variabel penampung hasil penjumlahannya adalah luaspermukaan







#include


    int usia(int u)
{
    int z;
    z=2016-u;
    return(z);
    }

    std::string ket(int s)
{
    std::string k;
    
    if (s <=5)
        k="Balita";
    else if (s>=6 && s<=13)
        k="Anak-Anak";
    else if (s>=14 && s<=20)
        k="Remaja";
    else if (s>=21 && s<=50)
        k="Dewasa";
    else
        k="Lansia";
    return (k);
}

int main(int argc, const char * argv[]) {
    using namespace std;
    int u;
  
    
    cout<<"Masukan tahun lahir Anda : ";cin>>u;
    cout<<"Usia Anda Adalah : "<<usia(u)<<"  tahun";
    cout<<"\nKeterangan : "<<ket(usia(u));
    
    return 0;
}


Minggu, 17 Januari 2016

Kisi-Kisi TO I US-TIK



Materi Kelas  X (Ms. Access) :
  jenis-jenis obyek access dan kegunaannya

  enis-jenis tipe data access pada obyek table

  jenis-jenis field properties pada desain obyek table

  icon pada desain table access

  literal query

  criteria query

  macam-macam obyek pada form, yaitu nama, icon, bentuk dan kegunaannya




Materi Kelas  XI IPA(Delphi) :
-   syarat pemberian nama identifier (variabel) & tipe data Delphi

-  tombol / tool obyek form Delphi (lihat bagian Kegunaan tombol / tool Delphi.

-  kegunaan dan penggunaan properti dari tiap obyek Delphi yang mendampinginya dalam penulisan program, ada pada seluruh bagian blog, fokus pada obyek label, edit, button, groupbox, radiobutton, radiogroup dan checkbox)

-  membuat program dengan label, button dan edit

-  penggunaan perintah if pada obyek radiobutton dalam membuat pilihan

-  penggunaan perintah if pada obyek radiogroup dalam membuat pilihan

-  penggunaan perintah if pada obyek checkbox dalam membuat pilihan




Materi Kelas  XI IPS (MYOB) :
menu pilihan yang terdapat pada jendela Welcome/pembuka MYOB

  langkah-langkah membuat file MYOB baru

  command centre pada MYOB

menyusun bagan perkiraan / account list, berupa Header/Detail, tipe perkiraan, level, parent & Group

kegunaan masing-masing tipe perkiraan & group

  melakukan pencatatan jurnal umum

  memahami jendela pencatatan jurnal umum




Materi Kelas  XII(Blender) :

-   Elemen dasar tampilan blender
-   Bagian-bagian 3D View
-   Fungsi-fungsi shortcut Blender
-   Jenis-jenis Mesh pada Blender
-   Tipe mode tampilan blender (Object mode dan Edit mode)
-   Jenis-jenis ikon transformasi obyek pada object mode
-   Jenis-jenis transformasi obyek pada edit mode
-   Bagian-bagian obyek blender (vertex,edge,face)
-   Manipulasi obyek blender (extrude,loopcut,make face,duplicate)
-   Pemberian warna obyek.